PEMENANG KJSA 2018

TBD (Tooth Brush Dry)

Alya Kusuma Nurjannah

TBD (Tooth Brush Dry)Membersihkan gigi dengan cara menyikat secara teratur 2x sehari sudah umum dilakukan oleh hampir setiap orang. Namun, harus diyakinkan bahwa sikat gigi yang kita pakai bebas dari bakteri dan benda-benda penyebab kotor lainnya. Untuk itu setelah dipakai, sikat gigi harus dikondisikan segera kering untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri akibat kelembaban bulu-bulu sikat.

KIBAS: Kurangi Beban Tas

Anak Agung Istri Yuri Pratista Savitri

KIBAS: Kurangi Beban Tas - Ide berasal dari anak sekolah jaman sekarang yang memiliki kecenderungan untuk membawa beban yang berat pada punggung mereka, diakibatkan oleh tas punggung yang berisi berbagai kebutuhan sekolah. Hal tersebut berdampak pada kesehatan anak seperti kelainan pertumbuhan tulang belakang melengkung ke arah depan yang disebut dengan kifosis.

APPLE (Alat Pencuci Piring Portable)

Dian Isma Khairani

APPLE (Alat Pencuci Piring Portable) - Kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan pribadi serta lingkungan adalah hal yang selalu dan wajib dilakukan oleh semua orang. Kebersihan tempat tinggal, diri pribadi, hal yang berhubungan dengan hidup manusia, termasuk peralatan masak. Peralatan masak harus dijaga kebersihannya karena setiap saat dipergunakan. Peralatan masak yang higienis merupakan bagian dari sanitasi yang ada di sekitar kita, khususnya di sekolah.

Multifeature Tooth Brush

Hanun Dzatirrajwa

Multifeature Tooth Brush - Sikat gigi merupakan aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari. Rata-rata dilakukan minimal 2 kali dalam sehari. Namun, aktivitas ini kadang menjenuhkan terutama untuk anak-anak. Kejenuhan ini berdampak pada aktivitas sikat gigi yang tidak tuntas dan cepat.

Urine Smart Protector

Matahari Terbit

Urine Smart Protector - Ide karya ini bermula ketika Matahari mengalami dan menjumpai beberapa teman, keluarga, serta orang dewasa
sering terkena percikan urine atau air kencing pada toilet berdiri laki-laki di tempat umum dan tempat ibadah. Kita sering tidak sadar bahwa ada percikan urine yang menempel di pakaian. Percikan urine dapat menimbulkan noda di pakaian dan berbau tidak sedap. Padahal menurut agama Islam, terkena
percikan urine setetes saja akan menjadi najis dan tidak sah untuk ibadah shalat.

Alat Pembersih Sepatu Otomatis untuk Sekolah

Muhammad Akbar

Alat Pembersih Sepatu Otomatis untuk Sekolah - Lantai sekolah sering sekali kotor, dikarenakan tanah merah yang menempel di sepatu teman-teman sekolah, sehingga mengotori lantai keramik di sekolah. Hal ini membuat petugas kebersihan sekolah harus bekerja ekstra membersihkan lantai sekolah. Ia pun mempunyai ide untuk membuat alat pembersih sepatu otomatis untuk sekolah.

Box Pengingat Minum Obat

Muhammad Hazem Sapalas

Box Pengingat Minum Obat - Latar belakang box pengingat minum obat ini bermula saat ia sering kali jumpai orang yang sedang sakit atau orang dalam
masa penyembuhan, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat. Terkadang banyak orang/pasien sering lupa akan jadwal minum obat. Ditambah lagi banyaknya beragam obat yang harus mereka konsumsi. Terutama untuk penyandang tuna netra memiliki kesulitan untuk minum obat secara teratur.

Galon Sakti

Muhammad Zhafran Aqilla

Galon Sakti - Ide bermula dari kejadian waktu siang yang cukup menghauskan, dimana air dispenser di kelasnya habis dan tidak ada galon air cadangan yang
tersisa. Kebetulan sekolahnya adalah fullday school sehingga mereka memerlukan air cukup banyak di setiap kelas.

Pot Mandiri

Siti Nuraisyah Khadijatuljannah

Pot Mandiri - Ide karya bermula ketika ia melihat banyak tanaman dalam pot yang ditinggal lama oleh pemiliknya dan
kering, sehingga memerlukan penyiram otomatis. Banyak orang menggunakan timer untuk mengaktifkan pompa penyiram sesuai waktu yang sudah ditentukan. Namun, penyiraman ini kadang tidak sesuai dengan kondisi media tanam.

TATARLIN (Tas Pintar Lalu Lintas)

Zalfa Nuri Thifalya Fami

TATARLIN (Tas Pintar Lalu Lintas) - Sepeda merupakan alat transportasi yang biasa digunakan oleh anak-anak ataupun dewasa. Selain menyehatkan badan, bersepeda merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Keselamatan berkendara saat ini menjadi kebutuhan individu. Selama berkendara,
seringkali pengendara sepeda tidak memberikan tanda ketika berbelok kanan atau berbelok kiri, sehingga pengendara di belakangnya bisa menabrak pengendara sepeda dan sering terjadi kecelakaan.