Tentang KJSA

Apa Itu KJSA?

Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) adalah program lomba karya sains untuk siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh Indonesia. Program ini diadakan setiap tahun, dimulai tahun 2011 sampai sekarang.

Tujuan Penyelenggaraan KJSA

Sesuai dengan komitmen PT Kalbe Farma Tbk. menciptakan produk berbasis pengembangan riset dan ilmu pengetahuan, melalui KJSA, Kalbe ingin menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap ilmu pengetahuan sejak dini, mendorong anak-anak Indonesia untuk berfikir kritis, menumbuhkan rasa ingin tahu dan tergerak untuk mengembangkan kreativitas dalam bentuk penciptaan karya ilmu pengetahuan. Melalui KJSA, juga ingin mengembangkan budaya inovasi dan kompetisi yang baik di sekolah-sekolah, yang nantinya diharapkan menstimulasi inovasi dan kompetisi di sekolah lainnya.

Apa Perubahan pada KJSA 2019

Perkembangan teknologi digital saat ini sudah tidak bisa dihindari, berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kehidupan anak-anak Indonesia. Siswa-siswa yang lahir pada era generasi digital saat ini berada diantara dua persimpangan jalan, terjebak sebagai konsumen teknologi, atau sebaliknya tumbuh kreatif menjadi inovator yang membawa perubahan. Sangat penting untuk mengarahkan anak-anak didik agar teknologi digital dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas menciptakan karya, menjadi sang inovator dan tidak terjebak sebagai konsumen semata. Pada tahun 2019 akan terjadi perubahan pada progam KJSA. KJSA 2019 membawa tagline KJSA goes Digital!. Pada tahun ini, KJSA akan menjadi wadah lomba karya sains yang mengadaptasi pemanfaatan teknologi digital dalam penciptaan karya sains tersebut.