PERSYARATAN

Apa Persyaratannya ?

  1. Peserta adalah siswa/i SD kelas 4-6 dan SMP kelas 7-9 ketika mendaftar.
  2. Peserta merupakan perorangan.
  3. Mendaftarkan karya sains sesuai bidang yang ditentukan (IPA dan teknologi terapan). Karya sains yang didaftarkan dapat berupa karya yang sudah jadi atau rancangan karya yang dapat direalisasikan pada saat presentasi.
  4. Karya sains/rancangan yang dibuat sudah menggunakan teknologi digital atau ada potensi dikembangkan menggunakan teknologi digital
  5. Merupakan karya sendiri dan belum memenangkan lomba sejenis pada tingkat nasional
  6. Didaftarkan atas nama sekolah atau lembaga lain (bimbingan/kursus)
  7. Karya sains yang terpilih sebagai finalis akan mendapat pembimbingan (mentoring) untuk diberikan perbaikan/penyempurnaan
  8. Pendaftaran karya sains/rancangan harus mengikuti template yang disediakan panitia, dapat dilengkapi gambar/foto/video.
  9. Karya sains /rancangan dikirim ke ke alamat panitia secara elektronik (melalui kjsa@tempo.co.id atau registrasi online)
  10. Karya dikirim sebelum tanggal 15 September 2019

Bagaimana Proses Seleksinya ?

  1. Seluruh hasil karya sains akan dinilai oleh dewan juri berdasarkan ide, latar belakang permasalahan yang dihadapi, solusi yang diberikan dalam menjawab permasalahan, inovasi/kebaruan/keunikan, serta manfaatnya..
  2. Aspek digitalisasi karya.
  3. Dewan juri akan memilih 20 finalis. Terdiri dari 10 finalis SD dan 10 finalis SMP.
  4. 20 finalis terpilih akan dilakukan mentoring/pembimbingan oleh mentor yang ditunjuk.
  5. Setelah proses mentoring, masing-masing finalis harus membuat video tanpa edit tentang karya sains yang dibuat. Video dikirimkan ke panitia atau di upload ke youtube
  6. Terhadap 20 finalis, akan dipilih menjadi 10 pemenang (5 pemenang SD dan 5 pemenang SMP) melalui penilaian video karya sains dan tanya jawab jarak jauh oleh tim juri .
  7. 10 pemenang akan diundang ke Jakarta, untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang terdiri dari: penjurian final, pameran karya sains, dan awarding.
  8. Semua biaya akomodasi dan transportasi akan ditanggung oleh panitia.