PEMENANG KJSA

ACAKESA (Aplikasi Campuran Abu Boiler dan Tandan Kosong Kelapa Sawit) sebagai Unsur Hara Pada Tanah

Posted: 3/21/2018 | Views: 139

Kabupaten  Sanggau  memiliki jenis tanah  Podsolik Merah Kuning. Tanah ini  sangat tidak baik untuk dijadikan sebagai  media tanam. Biasanya agar tanah  gembur mereka menggunakan tanah  bakar sebagai media tanam, namun tanah bakar ini mahal harganya di  pasaran. Kemudian kami punya ide untuk membuat kompos yang merupakan unsur hara untuk tanah Podsolik  Merah Kuning yang berasal dari abu boiler dan tandan sawit.
Acakesa merupakan campuran dari abu boiler cangkang dan kompos tandan kosong kelapa sawit. Kompos tandan kosong kelapa sawit juga dapat menjadi sumber makanan bagi mikroorganisme di dalam tanah. Kombinasi keduanya cocok digunakan pada kondisi tanah jenis podsolik merah kuning (PMK)  yang mempunyai sifat peka terhadap  erosi, perkolasi dan infiltrasi yang rendah, pH  tanah yang rendah, kandungan Al yang tinggi, serta kandungan bahan organik yang rendah.
Kegunaan Acakesa pada skala rumah tangga, antara lain,  dapat digunakan untuk menanam tanaman seperti bayam ataupun tanaman lain  di  pekarangan rumah dengan menggunakan polibag dan media tanam lainnya.



Print

❮❮ Return to previous page