PEMENANG KJSA

  • Image: Toilet Flush Indikator
    Toilet Flush Indikator
    12/29/2014
    Bermula dari kebiasaan mereka yang sering lupa membersihkan toilet setelah dipergunakan.  Akhirnya mereka menciptakan alat ini sehingga tidak ada lagi orang yang lupa menyiram toilet setelah digunakan.
  • Image: Sikat Gigi Ajaib Berindikator Gerakan Menyikat
    Sikat Gigi Ajaib Berindikator Gerakan Menyikat
    12/28/2014
    Mereka berpikir akan pentingnya kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. salah satunya dengan cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Namun banyak anak-anak yang malas menggosok gigi. Akhirnya mereka bereksperimen untuk merubah kegiatan menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan.
  • Image: Implementasi Gaya Gesek dan Tekanan dalam Pembuatan Robot Pemanjat Tiang
    Implementasi Gaya Gesek dan Tekanan dalam Pembuatan Robot Pemanjat Tiang
    12/27/2014
    Di komplek perumahannya akhir-akhir ini banyak lampu penerangan jalan rusak. Sehingga jalanan menjadi gelap sewaktu malam yang pastinya berbahaya bagi pengguna jalan. Masalah lampu jalan tersebut juga tidak direparasi karena sulit mencapainya.
  • Image: Lengan Peniru
    Lengan Peniru
    12/26/2014
    Untuk memberikan hadiah bagi sahabat mereka yang sangat gemar menggambar dan dia sering sekali merasa kesulitan untuk membuat duplikasi gambar buatannya sendiri secara manual (digambar ulang). Karena setiap kali dia ingin membuat tiruannya, sering kali berbeda dari gambar yang semula ia buat. Banyak alat bernama pantograph dengan bentuk dan fungsi yang berbeda.
  • Image: Alat Penyunggi Modifikasi
    Alat Penyunggi Modifikasi
    12/25/2014
    Sewaktu pergi ke desa mereka mengamati banyak orang menyunggi barang bawaan mereka. Sebagai contoh mereka melihat nenek-nenek menyunggi (meletakan di atas kepala) barang dagangannya, dan banyak juga pedagang lain yang membawa barang dengan cara meletakan di atas kepalanya. Merekapun berpikir untuk membuat alat penyunggi yang dimodifikasi sehingga dapat memudahkan penggunannya dibandingkan cara awal yang mereka pakai. Alat ini dirasa lebih aman khususnya untuk penggunaan rutin sehari-hari dalam jangka waktu panjang tanpa membuat penggunanya cedera.
  • Image: Sistem Otomatis Pemberi Tekanan Pada Alat Tugal
    Sistem Otomatis Pemberi Tekanan Pada Alat Tugal
    12/24/2014
    Mereka berasal dari desa Nanga Lungu yang berada di Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Mereka merupakan suku Dayak, Ensuan Silat yang tinggal di tepi Sungai Suang Silatanak Sungai Kapuas. Hampir seluruh warga desa mereka berprofesi sebagai petani lading dan mereka menanam padi dengan cara menugal. Menugal itu sendiri adalah cara tradisional suku dayak untuk menanam padi. Mereka pun berfikir bagaimana caranya memudahkan para petani untuk menanam padi dengan alat tugal yang kami ciptakan, sehingga lubang yang dihasilkan lebih dalam meski lebih berat dari alat biasa namun bisa mempercepat proses pembuatan lubang.
  • Image: Pelapis Helm Herbal
    Pelapis Helm Herbal
    12/23/2014
    Bermula dari ayah Edward yang sangat gemar berolahraga sepeda dan seringkali jarak yang ditempuhnya dalam bersepeda cukup jauh. Diapun sering mengeluhkan keringat yang menetes dari kepala kewajah saat bersepeda dan itu dirasakan sangat mengganggunya. Hal tersebut akhirnya menjadi inspirasi mereka untuk dapat menemukan solusi yang dapat membantu ayah Edward dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Akhirnya mereka menemukan solusi untuk membuat pelapis helm dari tumbuh-tumbuhan herbal yang dapat menyerap keringat dengan sangat baik, sehingga ayah Edward bisa beraktivitas dengan sepeda tanpa harus mengeluhkan keringat di kepalanya.
  • Image: Almami Kucingku
    Almami Kucingku
    12/22/2014
    Berawal dari kekhawatirannya pada kucing peliharaannya, terutama saat mereka dan seluruh keluarganya
    sedang beraktivitas diluar rumah. Kucingnya pun kalau makan tidak mengenal waktu jadi kalau lapar tinggal memberi tanda saja, jadi kami harus memberimakan, sedangkan kalau makanannya lembek atau melempem dia tidak mau lagi makan. Kemudian ia menyelesaikan permasalahan ini dengan membuat suatu alat pemberi makan kucing tanpa merepotkan orang lain, sehingga apabila kucing sudah merasa lapar dia bisa langsung makan tanpa harus menunggu diberi dan makanan instantnya pun tetap renyah. Hal ini sudah dirasakan manfaatnya oleh dia sendiri, jadi dia bisa tetap beraktifitas tanpa khawatir meninggalkan hewan peliharaannya di rumah.
  • Image: SDS (Sajadah Detektor Shalat)
    SDS (Sajadah Detektor Shalat)
    12/21/2014
    Eveline sering mengalami sendiri dan dia juga mengamati orang yang sedang ibadah shalat sering merasa bingung karena salah menghitung jumlah rakaat shalat yang disebabkan imam shalat kurang konsentrasi, mungkin karena ingatannya menurun dan sedang memikirkan hal lain. Lalu inspirasinya muncul sewaktu sedang bermain basket di timezone, skor angka yang masuk ke dalam ring basket tertera di atasnya, dan ini bisa diimplementasikan sebagai penanda rakaat di sajadah dan terciptalah SDS (Sajadah Detektor Shalat). Manfaat sajadah ini dapat digunakan untuk banyak umat Islam, sehingga bisa memperkecil kesalahan dan meningkatkan konsentrasi dalam shalat.
  • Image: Pembuatan dan Pengujian Alat Penjernih Asap Portable
    Pembuatan dan Pengujian Alat Penjernih Asap Portable
    12/30/2013

    Ide melakukan penelitian ini muncul ketika Flemming dan keluarganya yang memiliki penyakit asma merasa terganggu oleh asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok di sekitarnya. Orang yang merokok di tempat umum seringkali tidak menyadari bahwa asap rokok mengganggu orang lain di sekitarnya, di tambah lagi masih banyak tempat umum yang tidak menyertakan larangan merokok, sehingga banyak orang yang merasa terganggu.