PEMENANG KJSA

  • Image: Permainan Membangun Piramida Berwarna
    Permainan Membangun Piramida Berwarna
    12/30/2012

    Karya ini terinspirasi dari desain papan permainan yang seakan-akan apabila kita bermain, kita sedang membuat bangunan dengan batubata yang berbeda warna untuk setiap pemain. Desain setiap area permainan berbentuk segitiga yang diumpamakan sebagai piramida yang berbeda warna.

  • Image: Simpul yang Menarik
    Simpul yang Menarik
    12/29/2012

    Kesukaan Averos dan Oktavian adalah pergi ke desa dengan ayahnya untuk memancing dan bermain air. Di daerah pedesaan sebagian besar cara pengambilan air terdiri dari sumur masih menggunakan timba. Hal ini kurang menguntungkan bila dihitung dari segi waktu dan tenaga yang dipakai untuk menimba air, mereka perlu didorong untuk mencoba cara yang lebih menguntungkan dalam pengambilan air. Waktu dan tenaga yang biasanya digunakan untuk menimba air dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan lain.

  • Image: Lebah Si Arsitektur Ulung
    Lebah Si Arsitektur Ulung
    12/28/2012

    Penelitian ini meneliti tentang sarang lebah. Semua sarang lebah berbentuk segienam, mengapa demikian? Apa yang menjadi keistimewaan segi enam pada sarang lebah? Ternyata dengan bentuk segi enam maka lebah lebih sedikit menggunakan energi ketika membuat sarangnya karena keliling segi enam lebih kecil dari persegi dan lingkaran.

  • Image: BOLTIKPUNG Si Penanda Lahar Dingin
    BOLTIKPUNG Si Penanda Lahar Dingin
    12/27/2012

    Keinginan menciptakan Boltikpung Si Penanda Lahar Dingin disebabkan karena adanya berita mengenai korban harta dan jiwa warga yang tinggal di hulu sungai aliran lahar dingin Gunung Merapi. Warga masih ada yang belum memiliki tanda peringatan lahar dingin Gunung Merapi. Harga tanda peringatan lahar dingin terlalu mahal bagi warga desa di hulu sungai aliran lahar dingin.

  • Image: Pengaruh Pemberian Teh Hijau pada Pembentukan Jaringan Lemak pada Tikus Putih
    Pengaruh Pemberian Teh Hijau pada Pembentukan Jaringan Lemak pada Tikus Putih
    12/26/2012

    Teh banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Teh hijau kini banyak dicari karena dipercaya dapat menjaga tubuh langsing. Dalam percobaan ini dibuktikan khasiat teh hijau dalam menjaga bentuk tubuh. Hal ini terlihat pada tikus putih peliharaannya yang diamati perkembangannya dari hari kehari. Ternyata teh hijau benar-benar mempunyai khasiat mengurangi penumpukan lemak di badan tikus putih.

  • Image: Mobil Anti Ranjau
    Mobil Anti Ranjau
    12/25/2012

    Ide mobil anti ranjau ini berawal ketika melihat tayangan berita di TV, bahwa ada pasukan sukarelawan penyapu ranjau dengan menggunakan magnet-magnet bekas speaker yang diberi pegangan dan dibawa menyusuri jalanan untuk mengambili paku-paku yang terserak di jalan. Ternyata hasil perolehan tim sukarelawan ini cukup banyak. Sehingga terbayang bahwa jalanan (di Jakarta) sungguh tidak aman. Terdorong oleh rasa takut ban kempes di jalan, maka Queen memikirkan cara bagaimana supaya mobil tetap bisa aman dari paku di jalanan.

  • Image: Padasan Wudhu Otomatis
    Padasan Wudhu Otomatis
    12/24/2012

    Ide membuat percobaan ini berawal dari keprihatinan Ridho dan Nabila melihat air dari keran yang mengalir terus ketika akan melakukan wudhu pada saat akan sholat berjamaah, karena banyak teman-teman Ridho dan Nabila yang mengantri untuk mengambil air wudhu, maka teman-teman yang sudah selesai berwudhu meninggalkan begitu saja air dari keran yang mengalir karena mereka berfikir masih ada temannya yang akan berwudhu, sehingga menimbulkan pemborosan air.

  • Image: Inkubator Pupa
    Inkubator Pupa
    12/23/2012

    Belakangan ini Salman dan Faradita sudah sulit sekali melihat ataupun menemukan kupu-kupu. Bahkan ketika materi metamorphosis pada makhluk hidup dimana ada rencana mengamati metamorphosis kupu-kupu secara langsung mereka tidak menemukan sama sekali tahapannya, sehingga mereka hanya diajak melihat prosesnya dengan menggunakan video pembelajaran.

  • Image: Sensor Kertas pada Alat Penyiram Otomatis
    Sensor Kertas pada Alat Penyiram Otomatis
    12/22/2012

    Ide ini muncul ketika melihat pompa penyiram rumput yang bekerja terus-menerus dan dimatikan manual. Aplikasi sensor ini dapat digunakan untuk alat penyiram tanaman maupun alat penyiram rumput. Manfaat karya ini adalah agar alat penyiram tanaman tidak bekerja terus-menerus sehingga dapat menghemat listrik dan air.