PEMENANG KJSA

  • Image: Pembuatan dan Pengujian Alat Penjernih Asap Portable
    Pembuatan dan Pengujian Alat Penjernih Asap Portable
    12/30/2013

    Ide melakukan penelitian ini muncul ketika Flemming dan keluarganya yang memiliki penyakit asma merasa terganggu oleh asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok di sekitarnya. Orang yang merokok di tempat umum seringkali tidak menyadari bahwa asap rokok mengganggu orang lain di sekitarnya, di tambah lagi masih banyak tempat umum yang tidak menyertakan larangan merokok, sehingga banyak orang yang merasa terganggu.

  • Image: Pembuatan Briket dari Limbah Serbuk Gergaji Ulin dan Lanan Sebagai Bahan Bakar Alternatif
    Pembuatan Briket dari Limbah Serbuk Gergaji Ulin dan Lanan Sebagai Bahan Bakar Alternatif
    12/29/2013

    Briket adalah gumpalan yang terbuat dari bahan lunak yang dikeraskan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat briket akan melalui proses pembakaran tidak sempurna dan prosesnya dilakukan pada tempat hampa udara (vakum). Semakin sedikit kandungan abu dari suatu briket, maka akan semakin baik. Standardnya, dalam briket adalah minimal

  • Image: Jembatan Kapuas Siaga
    Jembatan Kapuas Siaga
    12/28/2013

    Devita pernah melihat film Life of PI. Film itu menceritakan tentang seorang anak India yang mempertahankan hidupnya di tengah laut sendirian. Dia memanfaatkan sinar matahari untuk mengubah air asin menjadi air tawar. Panasnya matahari membuat air laut menguap. Uap airnya kemudian ditampung kedalam wadah plastik. Uap air yang terkumpul di media tersebut menjadi air tawar yang boleh diminum. Devita berpikir untuk membuat itu tapi sepertinya kurang efektif karena tidak sesuai dengan kondisi kotanya.

  • Image: Automatic Feeding Fish
    Automatic Feeding Fish
    12/27/2013

    Banyak orang yang mempunyai hewan ikan hias, terkadang terlambat untuk memberikan makan kepada ikan tersebut karena tidak ada waktu untuk member makan ikannya, sehingga ikannya menjadi kurus dan bahkan ada yang mati. Untuk itu mereka membuat Automatic Feeding Fish (Auto Fefish) sehingga ikan tidak akan terlambat makan lagi, akan lebih gendut, juga lebih besar, dan lebih terpelihara. Selain itu dengan alat ini dapat member makan ikan dengan diatur waktunya secara otomatis.

  • Image: Resep Pengawetan Ikan Ala Nenek Moyang
    Resep Pengawetan Ikan Ala Nenek Moyang
    12/26/2013

    Ide dari penelitian ini karena mereka sering memperhatikan beberapa kebiasaan masyarakat di desanya (Wayaloar). Sebagai negara yang memiliki laut yang sangat luas, kita tentu mempunyai keragaman budaya yang berhubungan dengan ikan, termasuk cara pengawetannya. Salah satu yang umum dilakukan di desa mereka adalah pengolahan ikan. Agar ikan menjadi awet, ada beberapa hal yang biasa dilakukan penduduk desanya, misalnya diasap, diberi jeruk limo, dan sebagainya.

  • Image: HIPER: Si Pengintai Langit-Langit Rumah
    HIPER: Si Pengintai Langit-Langit Rumah
    12/25/2013

    Irene dan Daniella melihat orang tua mereka sedang memanjat tangga untuk melihat talang air yang tersumbat di atas atap rumah. Sangatlah beresiko jatuh bagi orang yang sudah tua untuk memanjat di ketinggian tertentu. Ada juga kejadian saat orang tua mereka akan mengecek langit-langit rumah dengan cara memanjat. Tentu hal ini menjadi resiko pula bagi anak-anak untuk ikut memanjat di langit-langit rumah. Padahal mereka ingin sekali mengetahui keadaan di dalam langit-langit rumah. Kedua kejadian tersebut, menginspirasi mereka untuk menciptakan suatu alat yang dapat membantu memudahkan orang tua dan anak-anak melihat isi langit-langit rumah tanpa harus memanjat tangga.

  • Image: WATERHOLE! Sistem Otomatis Pemompa Air di dalam Perahu Tanpa Bahan Bakar
    WATERHOLE! Sistem Otomatis Pemompa Air di dalam Perahu Tanpa Bahan Bakar
    12/24/2013

    Menimba air dari dalam perahu keluar perahu itu sangat melelahkan. Terlebih kegiatan ini harus selalu dilakukan karena air sering sekali masuk kedalam perahu melalui gelombang air maupun dari lubang dinding perahu. Kondisi air yang banyak di dalam perahu akan membuat perahu semakin berat dan membuatnya semakin dalam terbenam kedalam air sungai. Tidak hanya membuat perahu semakin mudah tenggelam, tetapi juga membuat jalan perahu semakin lambat dan juga membuat kipas mesin semakin besar kemungkinan untuk menabrak batu atau kayu di dasar sungai. Keadaan ini memaksa kami untuk segera mengeluarkan air dari dalam perahu.

  • Image: Mengasah Kreativitas Melalui Playdough
    Mengasah Kreativitas Melalui Playdough
    12/22/2013

    Saat Patricia melakukan perjalanan (outing) bersama sekolah ke daerah pantai, ia menemukan banyak sekali buah bakau yang terbuang dan dibiarkan begitu saja sehingga mengganggu pemandangan di sekitar hutan bakau. Untuk menarik manfaat dari hutan bakau tersebut, maka muncullah inspirasi untuk membuat tepung dari buah bakau dan mengolahnya menjadi sesuatu yang mereka sukai untuk bermain yaitu adonan tepung mainan (playdough). Dengan memanfaatkan buah bakau berarti kita juga harus menanam pohon bakau itu artinya anak-anak akan semakin melindungi pohon bakau sehingga daerah sekitar pantai akan semakin banyak yang terlindungi dari abrasi air laut dan melindungi ekosistem hutan bakau.

  • Image: Lampu Indikator Penanda untuk Pelari Pagi
    Lampu Indikator Penanda untuk Pelari Pagi
    12/21/2013

    Kekhawatiran Radin akan keselamatan ibundanya saat berolah raga lari pagi. Cahaya subuh yang redup beresiko pelari pagi tertabrak kendaraan yang melaju kencang. FLIP-FLOP yang menggunakan prinsip induksi magnet dapat menghidupkan lampu LED di lengan atau punggung pelari pagi agar dapat terlihat jelas oleh pengendara kendaraan bermotor.