BERITA

4 Manfaat Matematika Bagi Sains Komputer

Posted: 9/16/2019 | Views: 308
Sains komputer tidak selalu soal melogika secara intituitif namun melogika dengan pemikiran akurat. Itu artinya, anak harus dibiasakan berhitung, bermain dengan angka dan mencintai matematika. Berikut 4 alasan mengapa matematika harus mejadi pondasi bagi anak-anak yang hendak belajar sains komputer:

Pertama, dikatakan bahwa dalam sains komputer, dikenal pula istilah algoritma dan nyatanya, dalam perhitungan matematika, anak-anak sudah diajarkan apa itu algoritma saat di sekolah dasar maupun menengah. Perbedaannya adalah algoritma dalam sains komputer lebih rumit dengan penggunaan simbol-simbol. Selain itu, ada pula unsur aljabar dalam komputer sains, sama seperti matematika. (houseofbots.com)

Kedua, dilansir dari techwalla.com, matematika mengenal matriks, begitu pula sains komputer.  Penggunaan matriks muncul saat anak akan belajar menciptakan karakter 2D dan 3D dan menciptakan perangkat lunak untuk mengedit foto. Akan muncul pula istilah aljabar linear, hal-hal yang muncul di kelas matematika. 

Ketiga, memahami matematika akan membantu anak lebih mudah dan cepat men-coding program yang memiliki unsur formula, angka dan perhitungan. Misal, dalam memrogram otomasi mobil, diperlukan perhitungan teliti agar otomasi dapat bergerak dengan sensor dan GPS yang penuh akurasi. Tidak hanya itu, masih banyak komponen dalam sains komputer lainnya yang memerlukan perhitungan seperti managemen proses, pembuatan jaringan dan sebagainya

Keempat, matematika mengajarkan anak-anak untuk pandai menganalisa akurasi perhitungan yang mereka buat. Hal ini juga serupa dalam pemrograman, yaitu terus berusaha menganalisa kode yang mereka input saat memrogram. Artinya, matematika, secara tidak langsung membuat anak-anak memahami pentingnya bekerja dengan teliti sekaligus menjadi problem solver yang efektif.

Maka dari itu, perlu untuk menumbuhkan rasa cinta anak pada matematika agar mereka dapat lebih mudah memahami kompleksitas pemrograman pada tingkat yang lebih tinggi, misal pembuatan artificial intelligence, atau machine learning seperti robot. Anak-anak perlu disuguhkan pembelajaran matematika yang menyenangkan namun mengedukasi.
 
PDAT/ Bernetta Nindya


Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page