BERITA

5 Tips Debugging Memperbaiki Script Program

Posted: 9/16/2019 | Views: 1016
Yuk, hari ini belajar hal baru, yaitu debugging! Apa sih debugging itu? Dilansir dari techopedia.com, debugging adalah proses untuk menghilangkan error dengan tujuan agar hasil pemrograman dapat berjalan. Artinya, ketika ada bug, olahan coding kalian bisa saja gagal atau tidak bisa dijalankan! Nah, berikut tips-tips bagi kalian yang baru belajar pemrograman untuk menghindari dan mengalahkan bug (edsurge.com)

Jika muncul bug, carilah dengan teliti kesalahan coding 
Jangan panik dulu! Ketelitian menjadi penting supaya kalian tidak harus menyelesaikan persoalan mudah dengan cara yang rumit. Intinya adalah kalian harus berusaha menemukan cara mengalahkan bug dengan cara yang paling efektif dan cepat

Telusuri lah berbagai cara sampai berhasil
Nah, akan baik jika kalian mencoba segala cara, entah berhasil atau tidak terlebih dahulu. Pengalaman berhasil dan gagal ini bisa diterapkan jika kalian mengalami masalah bug di kemudian hari!

Lihatlah contoh dari proyek coding 
Nah, untuk mengalahkan bug, salah satu caranya adalah ‘menyontek’ dari coding lain yang sudah berhasil! Bisa saja kalian melihat hasil coding kalian yang berhasil atau melihat referensi lain! Intinya, jangan menyerah!

Baca ulang kode yang sudah diinput
Ketelitian lagi-lagi bisa mengalahkan bug, loh! Baca ulang kode yang sudah kalian input dan cari letak kesalahannya. Kalian juga bisa menggunakan tools tertentu, yang sudah kalian pahami sebelumnya seperti WinDbg, Visual Studio atau DebugBar.

Ubah lalu coba
Nah, Tahap ini adalah eksperimen, Maksudnya adalah coba ubah sedikit kode yang sudah kalian input atau tanda baca yang mungkin keliru lalu coba jalankan program. Jika belum berhasil, coba terus hingga berhasil!

Yuk, intip cara menggunakan Visual Studio dari Microsoft.com secara sederhana!

Pertama, gunakan F5 untuk memulai program debugging, atau tekan ikon Debug – Start Debugging. Nah, langkah berikutnya cari lah kode yang berwarna hijau dan merah. Kode hijau dan merah ini menandakan error dan peringatan yang mampu Visual Studio temukan. Jika kode berwarna merah tidak dibenarkan, coding kalian akan gagal dijalankan! Kode hijau juga bisa menjadi bug yang menghambat coding kalian, jadi lebih baik untuk segera dibenarkan!

Kedua, pada bagian yang terdeteksi bug, akan muncul tanda berbentuk obeng dan lampu. Obeng akan muncul pada bagian yang bisa kalian benarkan sedangkan Lampu menandakan bagian yang harus kalian benarkan. Nah pada kedua ikon itu, klik lah lalu pilih using System.Text untuk debugging. Setelah itu, bug akan hilang!

Eitss tapi tunggu dulu. Terkadang Visual Studio gagal menemukan si hijau dan merah. Maka dari itu kalian harus menyelesaikan bug itu sendiri. Nah, maka kalian harus memahami sendiri mana kode yang salah, misal, mengganti kode atau memecah kode yang awalnya hanya satu baris menjadi beberapa baris.

Sama seperti pemrograman pada umumnya, debugging juga membutuhkan kesabaran, ketelitian dan sikap optimis! Nyatanya tidak ada bug yang tidak hilang ketika kalian terus mencoba. Bereksperimen sampai berhasil adalah kuncinya!

 

PDAT/ Bernetta Nindya


Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page