BERITA

5 Bahasa Pemrograman Untuk Anak Sekolah

Posted: 9/13/2019 | Views: 285
Hai sobat! Hari ini ayo melihat bahasa pemrograman apa yang paling mudah digunakan! Sebelum masuk pada peringkat kemudahan penggunaannya, perlu kita ketahui definisi bahasa pemrograman. Dikuti dari techterm.com, bahasa pemrograman adalah seperangkat perintah dan instruksi yang digunakan untuk membuat perangkat lunak di komputer. 

Nah, tahu kah kalau jumlah seluruh jumlah bahasa pemrograman yan ada di dunia adalah 256? Wah.. banyak sekali, kan? Tapi jangan khawatir, kalian tidak perlu mempelajari seluruhnya untuk bisa mulai memrogram secara utuh. Berikut 5 bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan menurut codesnail.com:

Pertama, Phyton, sangat cocok bagi yang baru mulai belajar pemrograman. Kemudahan yang ditawarkan adalah penggunaan kode yang tidak terlalu panjang. Hal ini membuat kalian tidak perlu memasukkan banyak input kode untuk instruksi! Phyton biasanya digunakan untuk mengembangkan permainan, Artificial Intellegent seperti robot dan pengembangan website. Buat yang mau download bisa click di sini.

Kedua, JavaScript. Ternyata JavaScript juga mudah, loh! Survei dari StackOverFlow yaitu organisasi yang melakukan survei dan analisa terkait teknologi, coding dan pemrograman terhadap kurang lebih 90.000 orang developer, mengatakan bahwa JavaScript adalah bahasa pemrograman yang juga paling sering digunakan di seluruh dunia! Kemudahan dari JavaScript adalah kalian bisa melihat hasil pemrograman kalian tanpa perlu memasukkan banyak kode! Apalagi JavaScript cukup terkenal sehingga akan mudah menemukan toturial penggunaannya dimana-mana.

Ketiga, Java. Java dan JavaScript tidak sama! Java merupakan bahasa pemrograman yang lebih sederhana dari bahasa pemrograman C. Menurut cafeaulait.org, Java memungkinkan pengkodean untuk menghilangkan bug sangat pendek dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, penyelesaian program perangkat lunak juga melalui tahap yang relatif pendek dibandingkan yang lainnya.

Keempat, Julia. Julia adalah bahasa pemrograman yang mirip seperti phyton, tapi Julia mampu memrogram lebih cepat! Viral Shah, yaitu pencipta Julia memastikan bahwa Julia adalah bahasa pemrograman yang sederhana tanpa perlu melakukan pengkodean ganda! Sebelum ini, developer biasanya melakukan pemrograman di Phyton karena mudah namun memindahkan hasilnya ke C++ agar performa komputer lebih cepat dalam memproses hasil akhirnya. Shah pun memastikan Julia dapat menggabungkan kedua aspek itu bersama!

Kelima, Ruby. Ruby juga memastikan kalian untuk menggunakan kode yang sedikit untuk instruksi yang panjang, bahkan lebih pendek dari Java! Medium.com bahkan mengatakan Ruby cocok bagi kalian yang baru belajar programming. Apalagi Ruby juga bebas digunakan dan dapat ditemukan bebas di internet, memudahkan kalian untuk mulai mencobanya!

Demikian 5 bahasa pemrograman yang paling mudah bagi kalian! Faktanya, menurut techrepublic.com, 4 bahasa pemrograman yang dituliskan di atas adalah 4 bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di seluruh dunia, yaitu Phyton, Java Script, Java, dan Ruby! Itu artinya, ketika kalian mahir dalam menggunakannya, tentu skill kalian akan dipakai dimana saja. Selamat mencoba!

PDAT/Bernetta Nindya, dari berbagai sumber


Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page