BERITA

10 Istilah yang Sering Muncul dalam Coding

Posted: 9/10/2019 | Views: 190
Hai sobat! Pada penjelasan sebelumnya, kalian sudah belajar hal-hal mendasar tentang robot. Nah, pada kesempatan kali ini, yuk belajar istilah-istilah apa yang sering muncul saat kita memrogramkan si robot!

Pertama-tama, kalian perlu tahu, agar robot bisa melakukan tindakan tertentu yang kalian inginkan, kalian harus menanamkan program dalam otak si robot terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Nah, di sinilah kegiatan coding dilakukan.

Apa itu coding? Coding adalah penanaman instruksi dalam program komputer yang kita gunakan. Jadi bisa ibaratkan kalau coding adalah bahasa yang kita gunakan supaya kita bisa berkomunikasi dengan si robot. Seperti, “Lompat! Maju! Mundur!” dan seterusnya.

Tapi tunggu dulu, sobat! Komputer memiliki bahasanya sendiri. Sama seperti kita yang berbahasa Indonesia tapi juga ada kawan kita yang menggunakan bahasa inggris atau mandarin; supaya si robot memahami bahasa kita, kita perlu menggunakan bahasa khusus yang biasanya disebut programming language saat melakukan coding. Nah, setiap program komputer memiliki bahasanya sendiri yaitu, ada JavaScript, Phyton, SQL, Perl dan lain-lain!

Nah, istilah apa sih yang biasanya sering muncul dalam coding? Berikut dilansir dari https://www.programmingforbeginnersbook.com dan https://www.idtech.com:

1. Programming = Programming bisa diibaratkan ketika kita ingin melatih anjing peliharaan kita untuk duduk. Nah, perlu ada instruksi yang jelas supaya anjing peliharaan kita paham intruksi kita dan itu lah programming! Programming adalah kegiatan ‘menginstruksi’ dan biasanya muncul dalam video games, robot dan aplikasi.

2. Programming Statement = “Lurus lalu belok kiri!” Yup, programming statement adalah bagian dari programming. Programming statement menggunakan kata, angka dan lambang-lambang yang bisa dipahami komputer untuk menginstruksikan robot-robot tersebut.

3. Binary = Binary adalah angka 0 dan 1 yang dapat digabungkan menjadi huruf dan kata, bahkan kalimat. Semua komputer menggunakan bahasa angka dan binary adalah pondasi dari semua bahasa pemrograman yang kita kenal hari ini

4. ASCII = Apa pun yang kalian lihat, misal karakter dalam video games favorit kalian, sebenarnya berawal dalam bentuk angka loh! Yup, komputer memang ahlinya menyimpan data dalam angka! ASCII yang memiliki kepanjangan American Standard Code for Information adalah sebutan untuk sistem yang memetakan data/angka sebagai teks dalam memori komputer.

5. Data Type = Nah, dalam coding ada juga jenis data yang berbeda yang digunakan agar komputer bisa memahami kalian, yaitu ada dalam bentuk angka, tanggal dan boolean.

6. Boolean = Jenis data yang komputer bisa baca dan bentuknya sama seperti kuis yang kadang kalian dapat di sekolah. Yup, Boolean menggunakan sistem TRUE or FALSE untuk menyelesaikan coding.

7. Brackets = Kode yang digunakan pada awal dan akhir sebuah teks dalam coding. Brackets memiliki beberapa jenis seperti square, curly atau angle. Nah brackets yang digunakan sebelum teks disebut left brackets atau opening brackets sedangkan brackets setelah kata disebut right brackets atau closing brackets.

8. Run = Sama seperti artinya dalam bahasa Indonesia, Run yang artinya berlari menandakan bahwa coding yang kalian lakukan sedang diproses atau ‘sedang berlari’. Kalian pernah kan menginstal aplikasi permainan di komputer? Biasanya ada tombol run untuk mulai menginstal. Nah, jadi jelas jika kalian menginstruksikan run dalam coding, maka komputer akan memproses dan menjalankan program tersebut.

9. Bug dan Debug = Bukan serangga! Bug adalah istilah yang digunakan ketika coding yang kalian lakukan melewati proses yang salah sehingga hasil akhir coding kalian tidak memuaskan. Lalu, debug adalah sebutan ketika kita mengusir si ‘serangga’ dan membetulkan coding yang salah.

10. Syntax = Syntax itu bisa diibaratakan rambu yang memberi tahu kalian kalau kode yang kalian masukkan saat coding benar atau salah. Nah, misalkan kode yang kalian masukkan kurang tepat, biasanya si robot tidak akan paham instruksi yang kalian beri sehingga mereka tidak mau bergerak. “Aduh, robotku kena syntax error!”

Nah, dalam proses coding, kalian akan sering menemui istilah-istilah di atas. Sebenarnya, masih banyak lagi istilah lainnya namun kalian akan mampu memahaminya ketika kalian sudah mencoba langsung kegiatan coding! Selamat belajar!

PDAT/Bernetta Nindya



Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page