BERITA

Inilah Alasan Mengapa Robot Diciptakan

Posted: 9/9/2019 | Views: 475

Hai sobat! ... Hari ini kalian akan belajar tentang robot! Tentu kalian pernah mendengar apa itu robot, bukan? Contohnya seperti Doraemon, si robot kucing dari abad 22! Atau Baymax, robot buncit putih yang hobi memeluk sahabatnya!

Nah kali ini, kalian akan mendapat pengetahuan baru tentang robot, bagaimana robot bekerja dan fakta-fakta menarik tentang robot lainnya! 

Pertama, apa sih robot itu? 
Jadi, robot adalah agen buatan. Apa itu agen buatan? Agen buatan artinya robot diciptakan oleh manusia untuk melakukan pekerjaan yang sudah ditentukan manusia. Misal, bisa menyapu, mengepel bahkan mengerjakan pekerjaan rumah! 

Nah, manusia adalah orang yang merancang robot agar dapat melakukan setiap kegiatan itu. Oleh manusia, robot diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia! Bayangkan deh, pekerjaan manusia yang berat dan susah bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat oleh robot, loh! Hebat, kan? Saat ini salah satu manfaat robot, biasanya digunakan untuk pembuatan mobil di pabrik, ada juga yang menjadi robot pencari objek di dasar laut bahkan, termasuk menjadi penjelajah di planet lain! Jadi, robot banyak dimanfaatkan untuk menolong manusia.  Terutama untuk menangani pekerjaan-pekerjaan yang sulit, berbahaya dan mengancam keselamatan manusia. Seperti robot penjinak bom, robot penjelajah planet, pemadam kebakaran dan lainnya

Kedua, apa saja sih bagian-bagian dari robot?
Robot bisa terbuat dari metal atau plastik tapi bagian-bagian dasar robot biasanya terdiri dari:
Controller: Nah, controller adalah ‘otak’ si robot. Otak si robot ini berupa program komputer yang sudah  dibuat oleh manusia. Nantinya si robot akan bergerak sesuai perintah program yang sudah manusia tanamkan dalam otak si robot.
Bagian Mekanik: Bagian ini adalah bagian yang membantu robot bergerak. Ibarat manusia yang membutuhkan kaki untuk berjalan, robot pun perlu punya kaki agar ia bisa berpindah tempat. Biasanya sih, robot punya roda sebagai kakinya. Mirip seperti kendaraan kan? 
Sensor: Eiitts... Robot juga harus bisa memperhatikan sekitar loh! Kalau tidak, bisa saja robot-robot itu menabrak saat bergerak. Nah, untuk itu diperlukan sensor. Sensor itu ibarat mata agar si robot dapat melihat sekitar, menentukan arah dan melihat rintangan apa di hadapannya! 

Ketiga, trivia robot!
Berikut 5 fakta menarik tentang robot yang mungkin kalian belum ketahui!
Robot pertama diciptakan oleh Archytas, pada abad ke-5 sebelum masehi. Robot pertama ini berbentuk burung.
Leonardo da Vinci untuk pertama kalinya pernah menciptakan pasukan robot dalam sebuat sketch lukisannya sebelum melukis The Last Supper pada 1495. Namun sketch tersebut hilang dan baru ditemukan kembali 4 abad kemudian sekitar tahun 1950.
Mark Rosheim menciptakan robot untuk membantu NASA mengkolonisasi Mars!
Elekto adalah sebuah robot berbentuk manusia yang diciptakan oleh Westinghouse pada tahun 1939 dan mampu berbicara lebih dari 700 kata serta bercakap-cakap
Profesor Kevin Warwick adalah cyborg pertama di dunia! Ia menanamkan chip pada tangan kirinya sehingga ia bisa membuka pintu dan menggerakan kursi roda elektrik tanpa menyentuhnya.

PDAT/Bernetta Nindya, http://idahoptv.org/sciencetrek/topics/robots/facts.cfm, 
http://discovermagazine.com/2007/apr/20-things-you-didnt-know-about-robots



Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page