BERITA

KALBE JUNIOR SCIENTIST AWARD MENGUMUMKAN 18 FINALIS

446 Karya dari 190 Sekolah di 59 Kota dan 18 Provinsi di seluruh Indonesia
Posted: 7/2/2012 | Views: 1683

Jakarta, 2 Juli 2012 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) pada hari ini mengumumkan nama-nama 18 finalis Kalbe Junior Scientist Award dari 446 karya sains yang dikirimkan oleh anak-anak tingkat Sekolah Dasar kelas IV–VI, dari 190 sekolah di 59 kota yang berasal dari 18 provinsi di seluruh Indonesia.

“Kami sangat gembira dengan antusias peserta yang begitu tinggi, mengingat bahwa tahun ini baru yang ke dua kalinya kami adakan acara ini,” ujar Widjanarko Loka Djaja, Sales & Marketing Director PT Kalbe Farma Tbk yang juga merupakan Ketua Panitia Kalbe Science Awards. “Kami berharap kegiatan yang mengusung tema “Inovasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik” ini dapat terus memupuk generasi penerus yang lebih baik untuk membangun bangsa ini melalui kecintaan akan ilmu pengetahuan yang ditanamkan sejak dini. Kalbe Junior Scientist Award tahun ini sangat menarik karena jumlah peserta meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.”

“Tahun ini Kalbe Junior Scientist Award mengalami peningkatan yang cukup banyak, baik dari peserta maupun hasil karyanya,” ujat Dr. L.T. Handoko, Fisikawan LIPI dan Dosen Universitas Indonesia yang juga Ketua Dewan Juri Kalbe Junior Scientist Award. “Secara umum karya yang masuk sangat bagus dan menarik, materi karya yang dikirimkan juga lebih meningkat dan beragam. Sangat sulit bagi kami para juri untuk memilih 18 finalis yang akan di undang ke Jakarta untuk melakukan presentasi.”

Adapun ke-18 finalis tersebut adalah (1) Alberta Danabella Ratna Dewi & Regina Adnyana Nareswari (SDK Sang Timur, Yogyakarta), (2) Armansyah (SDN 018 Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur), (3) Averos Aulia Ananta Nur & Muh. Oktavian Dharma Setyawan (SD Muhammadiyah 1, Jember), (4) Balqis Nabilayeni Kusumawati & Muhammad Rafly Rahardian (SD Muhammadiyah Manyar, Gresik), (5) Benny Kusuma & Ahmad Salman Al Farisi (SDIT Cordova, Tangerang), (6) Ferris Prima Nugraha (SDK Immanuel, Pontianak), (7) Imaduddin Zanki (SDI Baabut Taubah Kemang Pratama, Bekasi), (8) Immanuel William Suryowidagdo & Oktamus Ruben Yondreas (Robotik Sains Club, Magelang), (9) Inosensia M Abelarda & Agnes Florista Mutiara (SD Marsudirini, Yogyakarta), (10) Jessica Nathalie (SD Santo Yusup, Bandung, (11) Johansyah Azzah Wirata & M. Paisal (SD Muhammadiyah 2, Denpasar), (12) Muthia Khansa (SDIT Ummul Quro, Bogor), (13) Prasidya Dhanurendra Zijlstra (Cendekia Leardership School, Bandung), (14) Queen Violita (SD Pangudi Luhur II, Solo), (15) Ratu Salsabila Astrakusuma (Aljabr Islamic School, DKI Jakarta), (16) Ridho Herdiansyah & Nabila Putri Andani (SDIT Buahati Islamic School, DKI Jakarta), (17) Salman Arbi & Faradita Rizqa (SD Islam Al Azhar 29 BSB, Semarang), (18) Syahandika Efendi & Solahudin Al Ayubi (SDIT Al-Utsmaniyah, Bogor).

Selanjutnya ke-18 finalis tersebut dalam waktu dekat akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan Dewan Juri yang terdiri dari Dr L.T. Handoko (Fisikawan LIPI dan Dosen Universitas Indonesia), Prof. Yohanes Surya, Ph.D (Direktur Yayasan Surya Institur), Dr. Karnadi, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta), , Dr. Puspita Lisdiyanti (Peneliti LIPI), Dra. Mayke S.Tedjasaputra, M.Si (Psikolog dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia).

Dalam penjurian lomba yang memiliki kategori Teknologi Terapan, IPA dan Matematika ini, juri memisahkan aspek penilaian menjadi tiga bagian yaitu ide atau gagasan (60%), proses (40%) dan output (10%). Sedangkan penilaian yang mendapatkan perhatian paling besar dari dewan juri adalah bagaimana sumber ide, motivasi dan inovasi ditampilkan oleh anak-anak. Dari 18 finalis nantinya akan dipilih 9 pemenang yang hasil karyanya akan dipamerkan pada acara Kalbe Junior Science Fair di Jakarta Convention Center (JCC) pada 8-9 September 2012. Mereka akan memperebutkan hadiah uang tunai dan hadiah total senilai lebih dari Rp 200 juta. Selain itu ke sembilan pemenang bersama guru pendamping akan mendapat kesempatan untuk mengunjugi Science Center Singapore pada 10 September 2012. Informasi terkini mengenai lomba ini dapat di akses melalui website http://www.kalbescienceawards.com.

Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; unit bisnis obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); obat bebas (Woods, Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dll); nutrisi (Chil Kid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 20 anak perusahaan, 9 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan serta 4.000 tenaga pemasaran dan penjualan, yang tersebar di lebih dari 65 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).


Print

 

Comments
Leave a Comment
(not displayed)
CAPTCHA image
Enter the code shown above:

❮❮ Return to previous page