imgimg

HAI teman, apakah kamu tahu kenapa ada siang dan ada malam? Kenapa siang hari terang dan malam hari itu gelap?

Setiap hari kita mengalami perputaran waktu yang membuat munculnya siang dan malam. Namun, seringkali kita hanya menjalani aktivitas kita tanpa pernah ingin tahu bagaimana sih prosesnya.

Perputaran waktu bagi manusia adalah bagian dari perjalanan hidup manusia di bumi. Tapi bagaimana siang dan malam bisa terjadi?

Sederhananya, siang terjadi saat matahari terbit dan malam ketika sang surya masuk ke peraduannya.

Tapi apa yang menyebabkan demikian? Jawabannya adalah rotasi bumi!

Perputaran bumi pada porosnyalah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. Bagaimana bisa?

Bumi kita adalah salah satu planet yang mengitari matahari dan ia juga mengitari dirinya sendiri. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan perputaran pada porosnya, dan inilah yang dikenal sebagai satu hari bagi manusia.

Selama 24 jam waktu bumi berputar mengitari porosnya, ada kalanya sebagian wajah bumi berhadapan dengan matahari dan inilah area yang mengalami siang. 

Kemudian, seiring dengan perputaran bumi, wajah yang tadinya berhadapan dengan matahari berputar dan membelakangi matahari sehingga sisi wajah bumi yang tidak disinari matahari ini mengalami kegelapan atau dikenal malam hari.

Biasanya, siang hari digunakan untuk bekerja, belajar dan bermain. Siang hari identik dengan suasana yang cerah. Sedangkan malam hari biasanya digunakan untuk beristirahat.

Sekian dulu ya materi kita hari ini. Sehat selalu ya teman! (Gan/S-1)