imgimg

HAI teman, tahukah kamu apa itu matahari?

Matahari itu merupakan salah satu tata surya. Seperti bintang yang lain, matahari merupakan bola gas pijar namun bersuhu tinggi. Suhunya bahkan bisa mencapai 6.000 derajat celsius. Permukaannya berupa lautan gas yang sangat panas.

Matahari mengorbit sekitar 25.000 tahun cahaya dari inti galaksi, menyelesaikan satu kali revolusi setiap 250 juta tahun bahkan lebih. Matahari terletak di jantung tata surya dan menjadi objek terbesar.

Jika dilihat dari bumi, matahari akan tampak sangat kecil. Padahal, sesungguhnya ukuran matahari sangat besar.

Nah, sejak dulu selalu kita selalu diajarkan bahwa pusat tata surya adalah matahari. Kenapa sih Matahari menjadi pusat tata surya kita? Mengapa bukan planet atau benda langit lain yang menjadi pusatnya?

Orang yang pertama kali mengatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya adalah Aristarchus of Samos. Ia berargumen klaim matahari sebagai pusat tata surya bukanlah tanpa alasan.

Hal itu karena matahari adalah bintang yang memiliki massa dan gravitasi terbesar dibandingkan bintang-bintang lainnya. Sehingga matahari bisa membuat planet-planet dan benda langit lainnya bergerak mengitari orbitnya.

Dengan kata lain, gravitasi yang dimiliki matahari membuat seluruh planet tetap dalam orbit masing-masing. Alasan mendasar inilah yang membuat matahari menjadi pusat tata surya.

Perputaran bumi mengelilingi matahari menjadi penerang bumi di siang hari. Matahari selalu terbit dari timur dan terbenam di barat yang seakan sedang berputar mengelilingi bumi.

Jarak bumi ke matahari adalah 93 juta mil. Diperlukan 8 menit 19 detik untuk sinar matahari sampai melalui ruang dan menyinari planet yang kita huni. Menurut NASA (Badan Penerbangan dan Antarksa Amerika Serikat) jika memungkinkan melakukan penerbangan dengan pesawat sampai menuju matahari, perjalanan itu akan memakan waktu 26 tahun.

Namun, kita jangan berharap untuk bisa menginjak kaki di matahari karena suhu panas yang sangat-sangat tinggi.

Begitu cerita matahari ya teman-teman, salam sehat. (Gan/S-1)