imgimg

HAI teman, apa kabar? Semoga kita semua sehat selalu ya.

Oya, saat ini hampir semua negara, termasuk negara kita mengalami penularan virus corona yang juga disebut COVID-19. Agar kita tidak tertular virus itu jangan lupa selalu menggunakan masker saat keluar rumah ya.

Kamu tahu enggak manfaat dari menggunakan masker di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kedisiplinan masyarakat untuk memakai masker berguna mencegah penularan COVID-19. Apalagi pada kelompok rentan, seperti lansia dan orang dengan penyakit bawaan, menggunakan masker ketika ke luar rumah akan sangat efektif untuk mencegah penularan.

Sebab, poses penularan kasus baru terus terjadi dari hari ke hari. Artinya masih ada sumber penularan dengan kasus positif orang tanpa gejala (OTG) yang tak terdeteksi.

Achmad Yurianto ketika menjadi juru bicara Satgas COVID-19 menyebutkan bahwa seseorang tak memakai masker dan tidak menjaga jarak maka akan sangat rentan tertular.

Pertama, ketika seseorang tak memakai masker dan dirinya membawa virus corona lalu berbicara dengan orang lain yang merupakan kelompok rentan dan juga tak pakai masker maka penularan bisa terjadi 100%.

Kedua, ketika seseorang pembawa virus corona memakai masker, lalu bicara dengan orang lain yang tidak memakai masker maka penularan akan turun ke angka 70%.

Ketiga, ketika seseorang yang belum tertular virus corona memakai masker lalu berbicara dengan orang lain yang mungkin OTG tapi tak pakai masker maka risiko penularan hanya 5%.

Keempat, jika semua orang sama-sama pakai masker saat bicara maka risiko penularan hanya 1,5%.

Maka, penting untuk menggunakan masker yang benar dengan menutup hidung mulut hingga dagu. Perhatikan juga dengan benar bagaimana cara kamu menggunakan masker. Jangan sampai virus corona menempel bahkan masuk ke dalam tubuhmu ya. (Gan/S-1)