imgimg

HAI Teman, apakah kamu tahu tentang bulan?

Biasanya, bulan akan terlihat bersinar terang di langit saat malam hari. Bulan adalah satu-satunya satelit alami bumi. Tidak hanya menjadi penerang di saat malam hari tapi ternyata fungsi keberadaannya banyak banget buat kehidupan di bumi.

Apa saja sih manfaat bulan, yuk kita simak:

1. Menjaga bumi pada porosnya.

Karena ada bulan, bumi yang memiliki kemiringan 23,5 derajat. Kemiringan poros ini menciptakan iklim yang pas bagi kehidupan.

Jika tak ada bulan, kemiringan bumi diperkirakan bisa mencapai 80 derajat. Wah gimana ya kalau bumi miring sampai 80 derajat gini.

2. Memberi waktu dan penanggalan.

Tarikan gravitasi dari bulan menjaga rotasi bumi. Tanpa tarikan ini, bumi berputar lebih cepat, mengurangi waktu satu hari menjadi kurang dari 24 jam.

Di masa lampau, manusia berpatok pada fase bulan untuk menghitung hari. Hingga hari ini, penanggalan bulan masih digunakan di tahun Islam atau tahun Hijriah dan tahun China.

3. Mengakibatkan pasang surut.

Rotasi bulan menyebabkan pasang surut laut di bumi. Pasang surut menyebabkan udara bergerak atau menjadi angin.

Karena angin dan pasang surut, manusia bisa berlayar. Nelayan tradisional bisa mencari ikan. Pasang surut kini juga dapat membangkitkan listrik.

4. Melindungi bumi dari benda langit.

Bulan juga menjaga bumi dari benda langit (asteroid) yang mendekati bumi. Jika ada asteroid yang ingin menabrak ke bumi, bulan bisa menjadi penghalang.

5. Memberi penerangan di malam hari.

Bulan sebenarnya tidak memancarkan cahaya. Sinar bulan yang kita lihat di malam hari adalah pantulan dari sinar matahari. Tanpa sinar bulan di malam hari, manusia dan makhluk nokturnal (mahkluk yang aktif di sianghari dan tidur di malam hari) akan kesulitan melihat. Malam akan sangat gelap.

Pada aslinya, bentuk bulan adalah bulat seperti bola. Namun, seperti yang kita ketahui, bulan tidak dapat menghasilkan cahayanya sendiri, melainkan memantulkan cahaya dari matahari. Bagian bulan yang terkena oleh sinar matahari juga akan berbeda-beda karena revolusi bulan tersebut.

Ternyata, itu yang mempengaruhi bulan yang kita lihat di langit berbeda dan tidak tampak sama. Kadang bulan berbentuk bulat, setengah lingkaran bahkan seperti sabit. Ini dinamakan fase bulan, fase ini amat berpengaruh loh bagi kehidupan di bumi kita ini teman.

Di pembahasan berikutnya, yuk kita bahas fase-fase bulan yang mempengaruhi bentuk Bulan yang kita lihat di langit. Sekian. (Gan/S-1)